Foto

Foto

Sunday, April 24, 2011

BaLOOn


Hai.. kali ini aku bakal ulas tentang cara bikin balon nih... bukan balon yang biasa di ultah2 itu tapi balon yang terbuat dari sabun itu lho...
Biasanya sabun untuk bikin balon ini tersedia secara instan dijual oleh pedagang asongan, atau pedagang di perempatan jalan. Tapi tahukah bagaimana cara membuatnya?
Nah.. ini yang mau aku share ke teman-teman semua, cara membuat balon seperti ini sangat mudah. Mungkin beberapa orang formulanya berbeda-beda. Tapi balon seperti ini sering aku bikin di jaman aku masih kecil, waktu tinggal di desa hehehe....
Waktu masih kecil aku sering bermain-main dengan balon ini, di desa dulu sih udah ada yang jualan sabun ini tapi  daripada beli mending bikin sendiri kan? nah... aku sama teman2 punya cara sendiri nih untuk bikin formulanya.. ini dia rahasianya...
Nah.. tanaman yang di samping ini namanya pohon waru, sekilas daunnya memang jelek tapi bunganya bagus kan? daun dari tanaman ini bisa dibikin campuran untuk membuat balon. Caranya gampang banget, cukup sediakan sabun colek secukupnya taruh di wadah diberi air. Ingat airnya jangan terlalu banyak. Untuk daun warunya kita ambil 1-2 lembar kita tumbuk nggak usah terlalu halus, yang penting cairan kentalnya keluar. Setelah itu masukkan tumbukan daun waru ke dalam cairan sabun tadi kemudian aduk semuanya hingga tercampur. Fungsi dari daun waru ini adalah untuk mengentalkan cairan sabun agar mudah menghasilkan gelembung-gelembung yang besar dan tidak mudah pecah. Mudah bukan? oh iya... untuk sabunnya bisa dipilih merek apapun yang penting adalah sabun colek. Kalau sabun detergen hasilnya akan kurang maksimal karena cairannya akan encer dan kurang bagus untuk dibuat gelembung. Cairan yang akan dihasilkan nanti akan berwarna pucat, untuk menambah warna bisa menggunakan pewarna gratisan di sekitar kita, hehehe... misalnya kertas warna atau tanaman yang menghasilkan warna tertentu. Kalau aku dulu sih, warnanya orisinil yang penting hasilnnya maksimal hehehe... Daun waru ini mudah di dapatkan di sekitar kita, kalau mau.... dicoba aja ya??

1 comment: